5 Kelompok Superhero Paling Tua di DC Comics

JLA

Bukan rahasia lagi kalau DC Comics dan Marvel Comics adalah perusahaan yang menciptakan banyak tokoh superhero. Meskipun harus diakui kalau DC adalah seniornya Karena melihat dari sejarah DC Comics berdiri tahun 1934, sementara Marvel Comics baru muncul tahun 1947.

Seperti halnya Marvel, DC juga memiliki kelompok-kelompok superhero yang usianya sangat tua, bahkan dia sudah ada sebelum kamu lahir. Salah satunya adalah Justice League yang sudah muncul di layar lebar. Kelompok paling populer di antara yang lain ini lahir di tahun 1960.

Nah, langsung saja yuk, kita kenalan dengan kelompok superhero tertua dari DC Comics.

1. Justice Society of America - 1940

Justice Society of America

Kelompok ini adalah yang paling tua diantara kelompok lainnya. Justice Society of America lahir pada bulan Desember 1940 pada komik All Star Comic #3. Awal kemunculannya kelompok ini sangat populer, namun seiring berjalannya waktu nama mereka meredup dan harus berakhir di issue #57.

Kelompok ini kemudian muncul kembali di komik The Flash di issue #123. Dari sana DC memutuskan menghidupkan kembali kelompok ini namun di Universe berbeda yakni Bumi-02, sementara Justice League ada di Bumi-01. Member awal JSA adalah Doctor Fate, Hour-Man, Spectre, the Sandman, the Atom, the Flash, Green Lantern, dan Hawkman.

2. The Legion of Super-Heroes - 1958

The Legion of Super-Heroes

12 tahun setelah kemunculan Justice Society of America, DC meluncurkan kelompok lainnya bernama The Legion of Super-Heroes. Kelompok ini muncul di komik Adventure Comics #247 bulan April 1958. Legion adalah sekelompok makhluk superpower yang hidup di abad ke-30 dan 31 dari DC Comics Universe.

Awalnya, tim itu terkait erat dengan karakter Superboy asli (Superman ketika dia masih remaja) dan digambarkan sebagai sekelompok penjelajah waktu. Kemudian, asal-usul Legiun dan cerita latarbelakangnya disempurnakan, dan kelompok itu diberi komik bulanan sendiri. Superboy juga dikeluarkan dari tim dan hanya muncul sebagai bintang tamu.

3. Justice League - 1960

Justice League

Kelompok ini paling dikenal, bahkan oleh orang yang awam dengan DC Comics. Saat pertama kali muncul di komik The Brave and The Bold #28 tahun 1960, kelompok ini muncul dengan nama Justice League of America. Justice League sendiri adalah kelompok dari para superhero besar DC yang berkumpul untuk melawan musuk besarnya, Darkseid.

Justice League memiliki member awal berjumlah tujuh orang yakni Aquaman, Batman, The Flash, Green Lantern, Martian Manhunter, Superman dan Wonder Woman. Kemudian pada perkembangannya banyak superhero yang masuk di dalam JLA seperti The Atom, Big Barda, Black Canary, Cyborg, Green Arrow dan lainnya.

4. The Doom Patrol - 1963

Doom Patrol

Kelompok keempat yang muncul adalah The Doom Patrol. Kelompok ini hadir tiga tahun setelah Justice League tepatnya bulan Juni 1963 di komik My Greatest Adventure #80, tiga bulan sebelum X-Men milik Marvel. Kelompok ini bisa dibilang adalah X-Men nya DC karena digambarkan sebagai orang terpinggirkan dengan kekuatan super.

Mereka mendedikasikan hidupnya untuk membela orang-orang yang tidak menerima mereka. The Doom Patrol pertama kali memiliki member The Chief (Niles Caulder), Robotman (Cliff Steele), Elasti-Girl (Rita Farr), dan Negative Man (Larry Trainor).

5. Teen Titan - 1964

Teen Titan

Setahun setelah The Doom Patrol, DC menciptakan kelompok superhero bernama Teen  Titan. Mereka memulai debut pertamanya di bulan Juli 1964 di komik The Brave ad the Bold #54. Seperti namanya, Teen Titan beranggotakan superhero muda. Banyak dari mereka adalah pendamping pahlawan super perdana DC di Justice League.

Anggota awal Teen Titan adalah Kid Flash (Wally West), Robin (Dick Grayson), dan Aqualad (Garth), kemudian hadir Wonder Girl (Donna Troy). Seiring berjalannya waktu banyak superhero muda yang ikut bergabung seperti sahabat Green Arrow, Speedy (Roy Harper), Aquagirl, Bumblebee, Hawk and Dove, dan tiga pahlawan yang tidak mengenakan kostum: boxer Mal Duncan, psychic Lilith, dan caveman Gnarrk.

Lanjut baca:

Mengenal Amalgam Comics, Kerjasama Antara Marvel dan DC

Post a Comment

0 Comments