Profil: Lex Luthor, Manusia Biasa yang Iri dengan Superman


lex luthor

Alexander Joseph "Lex" Luthor merupakan salah satu villain yang cukup populer di DC Comics. Karakter berkepala botak ini kerap menjadi musuh para superhero mulai dari Batman hingga Superman. Menariknya, karakter ini adalah manusia biasa. Hanya saja dengan kecerdasan dan uangnya ia mampu membuat sesuatu untuk melawan superhero.

Kehebatan Lex Luthor sebagai penjahat membuatnya masuk ke dalam peringkat ke-4 di daftar Top 100 Comic Book Villains of All Time versi IGN serta penjahat terbaik di 100 Greatest Villains of All Time versi Vizard. Pada awalnya, Lex Luthor digambarkan sebagai petapa jahat, namun ia dikonsepkan kembali sebagai seorang industrialis yang licik. Oh iya sebelum membaca artikelnya, mungkin kalian bisa ikuti artikel terbaru kami di fanspage Facebook Penggemar DC.

Sudah kejam sejak kecil

Lex Luthor

Lex Luthor lahir dan besar di daerah miskin Metropolis yang dikenal sebagai Suicide Slum. Sejak kecil, ia sudah menunjukan kelicikan dengan mencari simpati publik agar kejahatannya tak terbongkar. Lex Luthor kecil sering mengganggu teman sekelas. Saking jahatnya, bahkan para guru takut dengannya.

Saat remaja ia menyabotasi kematian orang tuanya (sebenarnya Lex sendiri yang membunuh kedua orang tuanya itu). Hal itu ia lakukan agar mendapat keuntungan dari polis asuransi jiwa. Setelah mendapatkan uang dari asuransi tersebut ia kemudian membangun perusahaan bernama LexCorp.

Menjadi pembisnis yang licik

Semakin lama perusahaan yang ia pegang menjadi perusahaan multi-nasional dan akhirnya mendominasi kota Metropolis. Ia juga menguasai setiap media di kota dan menggunakannya untuk memperkuat citra publiknya sebagai dermawan yang kaya. Satu satunya koran yang tidak dimiliki Lex Luthor adalah Daily Planet.

Bisnis legal Lex menyangkup berbagai lini mulai dari komunikasi hingga game. Sayangnya, bisnis ilegalnya juga banyak, seperti menjual senjata kepada para geng Metropolis. Kejahatannya sangat terorganisir tanpa diketahui oleh masyarakat luas. Namun, ia merasa terganggu semenjak kemunculan Superman.

Awal mula benci kepada Superman

Lex Luthor

Beberapa bulan setelah Superman berpatroli di Metropolis, Luthor mencoba membujuk Superman agar mau menjadi pengawal pribadinya. Tentu dengan iming-iming kekayaan yang melimpah. Namun, Superman menolak tawaran tersebut. 

Suatu ketika Lex melakukan kesalahan dan ditangkap oleh Supermen. Akibatnya ia harus berurusan dengan hukum. Sejak saat itu Lex Luthor berjanji untuk menghancurkan Superman. Ia mencurahkan banyak waktu, energi dan uang agar bisa mengalahkan sang superhero. 

Baca juga:
Profil: Bizarro, Villain Super Kebalikannya Superman 
5 Kelompok Superhero Paling Tua di DC Comics 
Mengenal Amalgam Comics, Kerjasama Antara Marvel dan DC

Salah satu langkah awalnya adalah membuat klon Superman. Sayangnya, klon tersebut tidak sempurna karena kesalahan penelitian. Ia menganggap Superman adalah manusia yang terkena radiasi bukan alien. Klon gagal ini kemudian dikenal sebagai Bizarro.

Sempat terkena kanker

Lex Luthor

Satu hal yang menarik, Lex Luthor ternyata sempat terserang kanker ganas. Itu bermula ketika ia menggunakan cicin yang terbuat dari Kryptonite. Cincin tersebut Lex gunakan untuk melawan musuhnya, namun ia tak menyangka kalau Kryptonite memiliki efek samping berbahaya untuk makhluk hidup non-Krypton.

Kekuatan

Jenius level tinggi: Kecerdasan Luthor nyaris tak tertandingi dan membuatnya salah satu orang paling cerdas di Bumi.

Manajemen Bisnis: Lex Luthor adalah salah satu pengusaha paling cerdik di dunia.

Ilmu Politik: keterampilan perusahaan Lex Luthor diterapkan sama tajamnya di arena politik.

Kepemimpinan
: Meskipun masa jabatan Luthor sebagai presiden berakhir dengan skandal, ia berhasil membimbing bangsa itu selama invasi alien besar-besaran.

Ilmu beladiri: Meski tak secanggih Batman, ia memiliki kemampuan untuk berkelahi dengan tangan kosong.

Profil


Lex Luthor

Nama Asli: Alexander Joseph Luthor
Nama Alias: Lex Luthor
Keluarga:
  • Lionel Luthor (ayah)
  • Letitia Luthor (ibu)
  • Lena Luthor (bibi)
  • Wallace Luthor (kakek)
  • Edna Luthor (buyut)
  • Casey Griggs (ayah angkat)
  • Elaine Griggs (ibu angkat)
  • Elizabeth Perske (istri pertama, bercerai)
  • Contessa Erica Alexandra del Portenza (istri kedelapan atau kesembilan, diduga meninggal)
  • Perry J. "Jerry" White Jr. (putra tidak sah, meninggal)
  • Lena Luthor (anak perempuan)
Afiliasi:
  • Injustice League
  • formerly Superman Revenge Squad
  • Injustice Gang
  • Secret Six

Karakteristik

Gender: Laki-laki
Tinggi: 187,96
Berat: 95 kg
Mata: Hijau
Rambut: Botak

Lanjut baca:

5 Superhero DC Ini Adalah Karakter LGBT

Post a Comment

0 Comments