Profil: Cyborg Superman, Villain Berbahaya di Dunia DC

Cyborg Superman

Superman adalah salah satu superhero terkuat di DC. Sosok alien dari Planet Krypton itu bahkan sering menjadi andalan kelompok superhero Justice League saat menghadapi para villain. Misalnya di film Justice League di tahun 2017 lalu.

Karena kepopuleran dan kekuatannya itu, penulis DC kerap membuat villain yang mirip dengan Superman. Misalnya Cyborg Superman di komik Adventures of Superman #466 tahun 1990. Karakter ini juga sempat muncul di film animasi Reign of the Supermen.

Meski kekuatan Cyborg Supermen cukup mirip dengan sang jagoan, karakter ini hanyalah tiruan. Cyborg Superman bernama asli Hank Henshaw, seorang astronot dari LexCorp. Berikut ini profil dari villain yang cukup berbahaya. Silakan baca sampai selesai.

Oh iya sebelum itu penggemar DC memiliki fanspage Facebook. Kamu bisa mengikuti artikel terupdate di sana.

Terkena radiasi


Cyborg Superman

Seperti yang dijelaskan Cyborg Superman bukanlah Kal-El alias Clark Joseph Kent. Karakter itu sebenarnya adalah Hank Henshaw seorang astronot dari LexCorp dalam misi bernama Excalabur. Ia tidak sendiri, di dalam pesawat ulang-alik terdapat tiga anggota lainnya (termasuk sang istri, Terry).

Namun naas, pesawat yang ia tumpangi mengalami kecelakaan akibat radiasi kosmik. Akibat dari radiasi tersebut, tubuh Hank bersama kru lain kemudian bermutasi. Tubuh mereka lenyap namun pikirannya tetap bekerja.

Steven mampu membangun tubuh baru dari radiasi kosmik murni, Jim Garrison, melakukan hal yang sama dengan menggunakan batu, kerikil, cabang dan potongan-potongan reruntuhan pesawat ulang-alik. Sementara Hank dan Terri pada awalnya tidak mengalami nasib buruk.

Penuh dendam

Cyborg Superman

Hank segera melakukan upaya penyelamatan menggunakan fasilitas LexCorp. Sayangnya yang ia lakukan sia-sia, rekan-rekannya akhirnya melakukan upaya bunuh diri. Tubuh Hank juga lenyap. Meski demikian ia tidak benar-benar tewas, ia mampu memindahkan kesadarannya ke dalam kerangka utama LexCorp.

Ia kemudian masuk ke peralatan komunikasi NASA. Di sana Hank berhasil mengakses Birthing Matrix, kapsul yang telah membawa Superman dari Krypton ke Bumi saat masih bayi. Itulah mengapa Hank memiliki kode genetik Kal-El. Dengan kemampuannya yang sekarang ia mengubah diri menjadi cyborg Superman.

Baca juga:
Game DC Berbasis Android yang Layak Kamu Mainkan 
Profil: Zatanna, Keturunan Leonardo da Vinci yang Jadi Superhero 
Profil: Lex Luthor, Manusia Biasa yang Iri dengan Superman

Ia kemudian mengetahui kalau Superman telah melempar Eradicator ke matahari dalam sebuah pertempuran, yang membuat radiasi kosmik menimpa Hank dan kru di pesawat. Hank kemudian menyalahkan Superman atas peristiwa naas itu. Di saat itu ia ingin membalaskan dendamnya.

Merusak citra Superman

Cyborg Superman

Suatu ketika Superman mati setelah pertempurannya dengan Doomsday. Melihat hal itu Hank yang kini bernama Cyborg Superman tidak dapat secara langsung membalas dendam. Ia kemudian berinisiatif merusak nama baik Superman dengan mengaku sebagai Superman yang terlahir kembali.

Namun saat itu ia tidak sendiri. Kedatangannya sebagai Superman bersamaan dengan tiga lainnya Eradicator, John Henry Irons dan Superboy. Dari ketiga saingannya itu, hanya Cyborg Superman yang berhasil menarik perhatian publiknya berhasil dan membuat Gedung Putih percaya kalau ia adalah Superman asli.

Mulai menunjukan sifat aslinya

Cyborg Superman

Ia bekerja sama dengan Mogul untuk menghancurkan Coast City. Saat itu jutaan orang melayang.  Sehingga membuat banyak masyarakat membenci Superman. Cyborg Superman juga sengaja meluncurkan roket ke Metropolis untuk membuat kota tersebut menjadi Engine City kedua. Di saat kekacauan terjadi, Superman yang asli bangkit. Pertarungan pun terjadi dengan kemenangan akhir di tangan Superman

Di film Reign of the Supermen, Cyborg Superman mengubah masyarakat menggunakan sebuah alat yang ditempel di dada setiap orang dan membuat mereka tunduk atas perintahnya. Superman yang telah bangkit namun kehilangan kekuatan berusaha melawan. Meski pada awalnya gagal, berkat terpapar matahari langsung, kekuatannya kembali dan mampu mengalahkan Cyborg Superman dengan mudah.

Kekuatan

Cyborg Superman

Sulit dihancurkan: Karena dia, pada intinya, adalah makhluk energi, Hank sangat sulit untuk dihancurkan secara permanen, karena dia dapat mentransfer kesadaran elektroniknya ke mesin di sekitarnya.

Kemampuan Superman: Berkat interaksinya dengan kapsul pengirim Superman ke Bumi, Hank berhasil memiliki pengetahuan tentang kode genetik Kryptonian Superman dan teknologi Kryptonian. Informasi ini memungkinkan Hank memiliki kekuatan yang sama dengan Superman.

Profil

Nama Asli: Henry "Hank" Henshaw
Nama Alias: Cyborg Superman
Keluarga: Terri Henshaw (Istri)
Afiliasi:
Manhunters
formerly Alpha Lantern Corps
Sinestro Corps

Karakteristik

Gender: Laki-laki
Tinggi: 190.5 cm
Berat: 227 kg
Mata: Biru
Rambut: Hitam

Lanjut baca:

5 Superhero DC Ini Adalah Karakter LGBT

Post a Comment

0 Comments