5 Karakter Paling Kuat di DC Comic, Superman Bukan Apa-apa

Tuhan DC

Ada banyak ratusan karakter yang diciptakan untuk DC Comic, memang tidak semua terkenal, namun bukan berarti tidak dianggap. Bahkan beberapa karakter tersebut punya kekuatan sangat besar, melebihi Superman (Salah satu Superhero paling kuat di DC Comic).

Tapi, berbeda dengan Marvel Comic yang hampir semua karakternya saling terkait atau masuk dalam satu universe, DC punya cerita yang lebih kompleks, sehingga ada banyak universe berbeda yang tidak mungkin bisa disatukan, termasuk karakternya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 karakter terkuat yang ada di DC Comic.

1. The Presence

tuhan

Kalau Marvel punya The One-Above-All, maka DC ada The Presence. Karakter yang satu ini bisa diibaratkan sebagai "Tuhan" nya DC sekaligus pencipta dunia DC. Karakter ini diciptakan oleh Jerry Siegel dan Bernard Baily, pertama kali muncul di komik More Fun Comics #52 tahun 1940.

Ia pernah muncul dalam beberapa wujud seperti suara dan tangan. Namun lebih sering digambarkan sebagai kakek tua dengan balutan jas dan topi fedora. Ia juga punya beberapa nama panggilan yakni The Voice, The Hand, Yahweh, God dan sebagainya.

2. Lucifer Morningstar

samuel

Sebelum dunia DC diciptakan, Yahweh atau The Presence menciptakan dua makhluk yakni Samuel dan Michael. Masing-masing diberi kekuatan, Samuel diberi kekuatan api dan kehendak, sementara Michael mendapat kekuatan penciptaan. Sayangnya, Samuel yang punya nama alias Lucifer Morningstar memberontak di kerajaan surga. 

Baca juga:
Profil: Cyborg Superman, Villain Berbahaya di Dunia DC
5 Kelompok Superhero Paling Tua di DC Comics
5 Karakter Superman di Film Reign of the Supermen

Ia kemudian dilemparkan ke dalam kekosongan tak berbentuk yang dikenal sebagai Chaoplasma. Chaoplasma diubah menjadi hamparan tandus yang dikenal oleh banyak orang sebagai Neraka, tujuan akhir bagi jiwa-jiwa terkutuk. Di sini ia berkuasa, sambil menunggu hari pembebasan.

3. Michael Demiurgos

Michael Demiurgos

Seperti yang dijelaskan tadi, selain Samuel ada satu makhluk lagi yakni Michael. Ia adalah makhluk terkuat kedua setelah The Presence, dan hanya bisa disaingi oleh saudaranya Lucifer Morningstar. Kekuatan penciptaan Demiurgos mencangkup kosmik, waktu, mimpi hingga emosi.

Michael adalah makhluk yang berjasa menciptakan konsep multiverse. Ia juga ditugaskan oleh kerajaan surga untuk melawan Spectre jika melakukan hal di luar batas. Sayangnya Demiurgos telah tewas pada seri komik Lucifer #54 tahun 2004 lalu.

4. Spectre

Spectre

Karakter ini lebih sering muncul dibandingkan dengan tiga karakter sebelumnya. Spectre sebenarnya adalah mantan malaikat bernama Aztar yang melakukan tugasnya menggunakan media tubuh manusia. Beberapa tuannya adalah James Corrigan, Hal Jordan dan Crispus Allen.

Aztar sebelumnya pernah melakukan pemberontakan di surga bersama Lucifer Morningstar. Saat para pemberontak diberikan hukuman, Aztar mengaku bertaubat dan mencari pengampunan ke The Presence. Tuhan DC itu mengabulkan permintaannya. Ingatan Aztar dihapus serta mengubahnya menjadi Spectre.

5. Eclipso

Eclipso

Ada beberapa versi tentang asal usul Eclipso. Salah satunya adalah mantan Roh Kemurkaan yang dipecat oleh The Presence karena tidak menjalankan sesuai perintah. Eclipso akhirnya dihukum dengan mengubahnya menjadi mutiara hitam bernama "Heart of Darkness". Jika orang menyentuhnya dengan penuh amarah maka Eclipso bisa mengendalikannya. Sementara posisi Eclipso sebelumnya digantikan oleh Spectre.

Salah satu yang pernah menjadi Eclipso adalah  Bruce Gordon untuk komik Silver Age. Sementara untuk komik New 52, karakter ini memiliki nama asli Lord Kaala. Ia dibuang ke Prime Earth dan dipenjara di berlian hitam lantaran membunuh kedua orang tuanya. Ia sangat terikat pada kegelapan matahari total. Selama gerhana, kekuatannya meningkat menjadi 10 kali lipat.

Lanjut Baca: 

Bertarung di Komik, Superman Lebih Kuat dari Thor

Post a Comment

0 Comments