Profil: Nightwing, Sosok Robin Generasi Pertama (New Earth)

Nightwing

Satu karakter hero dari DC Comics yang cukup menarik dibahas adalah Nightwing. Kenapa? Karena sosok yang diperankan oleh Richard Grayson ini adalah Robin angkatan pertama. Namun karena sesuatu masalah nama Robin dilepas oleh Richard Grayson.

Pada tahun 2013, Nightwing berada di posisi ke 5 di 25 Besar Pahlawan DC Comics terfavorit versi IGN. Selain itu karakter ini juga berada di peringkat 1 sebagai Pria Terseksi dalam Komik oleh ComicsAlliance pada 2013.

Nah, meskipun Nightwing umumnya dikaitkan dengan Batman, judul dan konsepnya berasal dari cerita-cerita Superman klasik. Biar tak bertele-tele berikut ini profil tentang asal-usul Nightwing versi New Earth.

Buat versi Prime Earth menyusul, karena menurut penulis sosok ini kurang asik kalau latar belakangnya digabung (kepanjangan juga sih.. hehehe). Jangan lupa untuk ikuti fanspage Facebook Penggemar DC agar kamu mendaatkan informasi terbaru seputar superhero DC.

Asal usul

Nightwing

Dick (nama lain dari Richard Grayson) lahir di keluarga yang mahir sirkus akrobat bernama The Flying Graysons dari The Haley Circus. Meski masih berusia 12 tahun, Dick sangat mahir melakukan aksi berbahaya. Hal itu karena sejak lahir ia sudah diajarkan akrobat oleh keluarganya.

Suatu ketika, saat mereka melakukan tur di Kota Gotham, The Haley Circus didatangi oleh bos mafia Tony Zucco. Para pemain sirkus diancam dan ditakut-takuti. Namun karena pemilik srkus enggan memberikan uang pemerasan, terjadi pembantaian.

Orang tua Dick jadi korban dan yang paling menyedihkan ia menyaksikan pembunuhan tersebut dengan kedua matanya. Tak lama setelah tragedi, Dick ditempatkan dalam sistem layanan remaja. Sayangnya, nasib Richard Grayson semakin buruk. Ia dipukuli oleh penghuni lain. Setelah itu Dick dikirim ke panti asuhan Katolik.

Dick kemudian diselamatkan oleh Bruce Wayne dan diangkat sebagai anak asuh. Namun saat itu ia tak mengetahui kalau Wayne adalah Batman. Dick tahu kalau Wayne adalah Batman saat ia mencoba membongkar kasus pembunuhan oleh Zucco.

Menjadi Robin

Nightwing

Richard Grayson menikmati tahun pertamanya sebagai Robin, menganggap pekerjaan itu sebagai petualangan, setidaknya hingga ia bertemu Two-Face. Penjahat dengan dua muka itu menangkap Batman dan Jaksa Wilayah.

Two-Face kemudian menjerat dan menggantungkan Batman dan sang Jaksa ke sebuah tiang. Ini adalah perangkap Two-Face untuk mengundang Robin. Saat Robin menyelamatkan jaksa dengan memotong talinya, ia tak memperhitungkan ada jebakan lain. 

Baca juga:
5 Villain DC yang Punya Orientasi Seksual Menyimpang 
Profil: Lex Luthor, Manusia Biasa yang Iri dengan Superman 
Saat Superhero DC Comic Dibuat Oleh Stan Lee

Singkat cerita Jaksa akhirnya tewas tenggelam setelah diselamatkan Robin. Ia juga tertangkap dan dihajar habis-habisan oleh Two-Face. Pemukulan itu disaksikan oleh Batman, yang saat itu masih terikat.

Akhirnya, Batman bisa membebaskan dirinya dan menangkap Two-Face. Pengalaman pahit itu membuat trauma mendalam bagi Robin. Karena tak ingin membuat Dick semakin terancam nyawanya, Batman memutuskan untuk memberhentikan Richard Grayson sebagai pembantu dalam membasmi kejahatan sementara waktu.

Penggagas Teen Titan

Nightwing

Pembentukan kelompok superhero muda ini didasari atas keinginan para kaki tangan superhero dewasa. Dick kemudian mengumpulkan Wally West (Kid Flash), dan Garth (Aqualad) dan membentuk Teen Titan. Kemudian Donna Troy (Wonder Girl) bergabung dengan tim bersama Roy Harper (Speedy).

Bersama-sama mereka menumpas kejahatan tanpa campur tangan Superhero senior atau mentor. Aksi Teen Titan pun didukung oleh para mereka (Batman, Flash, Aquaman, dan Wonder Woman). Namun, kelompok yang dipimpin oleh Dick itu bubar ketika mereka tumbuh dewasa.

Batman mencabut nama Robin dari Dick

Nightwing

Pada usia 19 dan setelah enam tahun menjadi Robin, Dick ditembak di bahu oleh Joker, dan ini mendorong Batman untuk mengakhiri karier sahabat karibnya untuk selamanya. Akibatnya, Dick pindah dari Wayne Manor dan kuliah di Universitas Hudson.

Namun, dilain sisi Dick masih bergabung dengan Teen Titans, namun ia tak ingin menggunakan identitas Robin. Dick kemudian berkonsultasi dengan Superman. Salah satu superhero terkuat itu kemudian memberi saran untuk menggunakan nama Nightwing.

Nama itu diambil dari sebuah kisah. Dahulu di Krypton, seorang pria diusir oleh keluarganya (seperti halnya Dick). Ia memimpikan sebuah dunia yang diperintah oleh keadilan. Kemudian pria tersebut berangkat untuk melindungi Krypton yang tak berdaya. Identitas sejatinya tidak pernah terungkap dan hanya dikenal sebagai Nightwing.

Sempat menjadi Batman

Nightwing

Hal ini terjadi untuk sementara waktu saat Bruce Warne dianggap telah tewas. Dick mengatakan ia tidak dapat membiarkan Batman mati dan legendanya harus berlanjut. Alfred Pennyworth membantunya membangun Bat-Bunker baru sehingga ia dapat menjadikan identitas Batman sebagai miliknya. Dick memulai karir barunya dengan mengalahkan Scarecrow.

Kemampuan

Nightwing

  • Akrobat dan aerialist yang terampil
  • Ahli dalam berbagai ilmu beladiri
  • Cara berpikir detektif
  • Memanfaatkan peralatan dan senjata berteknologi tinggi

Profil

Nightwing

Nama asli: Richard John "Dick" Grayson
Nama alias: Nightwing
Hubungan:
  • John Grayson (Ayah)
  • Mary Grayson (Ibu)
  • Bruce Wayne (Ayah Angkat)
  • Damian Wayne (Saudara Angkat)
  • Jason Todd (Saudara Angkat)
  • Tim Drake (Saudara Angkat)
  • Cassandra Cain (Saudara Angkat)
Tempat tinggal: Gotham City
Gender: Laki-laki
Tinggi: 5'10"
Berat: 79 kg
Mata: Merah
Universe: New Earth
Kreator: Bob Kane dan Bill Finger

Lanjut baca:

5 Kelompok Superhero Paling Tua di DC Comics

Post a Comment

0 Comments