Tak Semua Baik, Ini Sederet Superman Jahat di DC Universe


Superman

Superman adalah salah satu sosok superhero paling terkenal di DC Comic, selain itu ia juga paling kuat. Hanya segelintin superhero saja yang mampu menandingi kekuatan alien dari planet Krypton ini.

Karakter dengan lambang "S" di dadanya ini terbilang sangat baik dan jarang sekali membunuh musuhnya, seberat apapun kejahatan dari sang antagonis. Meskipun dalam beberapa event ia terpaksa membunuh lawannya.


Terus bagaimana kalau sosok yang dijagokan para penggemar DC ini adalah karakter jahat. Di cerita DC, Superman beberapa kali digambarkan sebagai sosok antagonis. Salah satu diantaranya bahkan menyebabkan sebuah event crossover.

Yuk, kenalan dengan sosok Superman jahat di dalam cerita DC. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk ikuti fanspage Facebook Penggemar DC, agar kalian bisa dapat informasi menarik lainnya tentang dunia DC.

1. Superman versi Harvey Dent - Tangent Superman (Earth-9)

Tangent Superman

Sosok superman ini tidak diperankan oleh Kal-El melainkan seorang pria berkulit hitam bernama Harvey Dent. Memulai debutnya di komik Tangent Comics: The Superman #1 tahun 1998, ia dikenal sebagai sosok jahat dan berniat menguasai dunia.

Hal yang cukup menarik dari sosok tersebut adalah kekuatan yang Dent dapat berasal dari kecelakaan aneh. Kostum yang dipakai berbeda dengan kostum Superman di Prime Earth. Kostum Superman versi Harvey Dent lebih mirip pemdeta di komik-komik Jepang.

2. Superman (The Dark Side)

Superman The Dark Side

Jika Superman di versi aslinya saat bayi jatuh di Kansas, Amerika, berbeda dengan Superman ini. Ia jatuh di planet Apokolips, tempat Darkseid tinggal. Hal itu membuat karakter Kal-El menjadi jahat. Ia bahkan diangkat menjadi salah satu New Gods.

Superman The Dark Side punya kostum yang berbeda yakni baju besi berwarna hitam, lengkap dengan helm dan senjata khas Apokolips. Lambang "S" di dadanya pun lebih mirip seperti bentuk petir.

3. Overman (Earth-10)

Overman

Sama seperti Superman The Dark Side, di Earth-10 Kal-El tidak mendarat di Kansas melainkan Sudetenland yang saat itu dikuasai Nazi tahun 1938. Sosok Kal-El kemudian dijadikan alat oleh Nazi untuk menguasai dunia. 

Baca juga:
Mengenal Crisis on the Infinite Earths, Event Crossover Tertua di DC Comics 
Profil: Nightwing, Mantan Sidekick Batman (Prime Earth) 
Profil: Nightwing, Sosok Robin Generasi Pertama (New Earth)

Namun Overman tak sepenuhnya jahat. Ia bahkan bergabung dengan Supermen of the Multiverse untuk melawan villain bernama Mandrakk. Untuk kostum, Overman didominasi wakna hitam dengan kerah berdiri khas Nazi. Lambang "S" di dadanya juga digandi dengan lambang petir.

4. Dru-Zod

Dru-Zod

Dru-Zod atau General Zod adalah musuh bebuyutan bagi Superman, bahkan keluarga Superman saat di Krypton. Pada seri Action Comics, karakter tersebut dimasukan ke Phantom Zone karena telah melakukan makar dan membunuh banyak orang menggunakan virus.

Suatu ketika, saat Perang Dunia Kedua, ilmuan Amerika membuat percobaan yang membuat Dru-Zod bebas. Ia berpura-pura baik, hingga akhirnya para pasukan Amerika menganggap Dru-ZOd sebagai Superman-nya mereka. Ketika ia mengetahui Rusia punya alat yang melemahkannya, ia membunuh orang di sana.

5. Cyborg Superman

Cyborg Superman

Karakter ini pernah dibahas oleh penulis sebelumnya (Bisa baca: Profil: Cyborg Superman, Villain Berbahaya di Dunia DC ). Cyborg Superman bukan diperankan oleh Kal-El melainkan Hank Henshaw,  seorang astronot dari LexCorp.


Di film animasi Reign of the Supermen, karakter Cyborg Superman mencoba memalsukan diri sebagai Kal-El. Sifat jahatnya muncul setelah banyak orang yang ia sayangi tewas akibat proyek LexCorp.

6. Ultraman

Ultraman

Karakter ini adalah kebalikan dari Ultraman di universe utama. Ia hidup di Earth-3, dunia di mana katakter penjahat jadi baik dan sebaliknya. Ultraman menjadi bagian dari kelompok Crime Syndicate of America yang juga kebalikan dari Justice League of America.

Ultraman tidak lemah terhadap Kryptonite seperti Superman, sebaliknya ia justru menjadi lebih kuat. Ia juga tak terpengaruh oleh sihir. Di komik The New 52, Ultraman diceritakan telah membunuh banyak dewa dengan kekuatan sihir. Meski demikian Ultraman sangat lemat terhadap matahari.

Lanjut Baca: 

5 Superhero DC Ini Adalah Karakter LGBT


Post a Comment

0 Comments