Mengenal Crisis on the Infinite Earths, Event Crossover Tertua di DC Comics

Crisis on infinite earths

Bukan cuma Marvel, DC Comic juga kerap membuat sebuah event crossover. Salah satu yang sangat bersejarah adalah peristiwa Crisis on the Infinite Earths yang muncul di pertengahan tahun 80an.

Crisis on the Infinite Earths adalah event tertua DC. Terdapat 12 chapter yang diterbitkan setiap bulannya. Saking mengagumkannya, kisah ini sering dijadikan acuan untuk membuat kisah hero di DC Universe.

Bagi yang belum tahu (yang udah tahu jangan nyinyir), di DC bukan hanya ada 1 dunia saja melainkan banyak dunia lain yang persis bentuk fisiknya namun punya sejarah berbeda (bahasa simplenya dunia paralel). Kalau tidak salah saat ini ada 52 Earth di DC Comic.


Crisis on infinite earths

Semua dunia terhalang oleh tabir dimensi sehingga dunia satu dengan dunia lainnya tidak berada di jagad raya atau universe yang sama. Namun keseimbangan itu terancam hancur oleh Anti-Monitor, sosok super villain yang lahir di dimensi Qward.

Dengan menggunakan mesih Anti-Matter, ia menciptakan tabir anti materi yang kemudian melahap setiap universe di DC. Hal itu ia lakukan karena Anti-Monitor mengetahui kalau ada dimensi lain yang memiliki unsur positive dan ingin melenyapkannya. 

Baca juga: 
5 Karakter Paling Kuat di DC Comic, Superman Bukan Apa-apa
5 Karakter Superman di Film Reign of the Supermen 
Profil: Zatanna, Keturunan Leonardo da Vinci yang Jadi Superhero 

Kenapa ingin menghancurkannya? Karena Anti-Monitor sebenarnya adalah pengontrol Anti-Matter Universe atau kebalikannya Positive Matter Universe. Para superhero dari berbagai universe dan lintas zaman yakni Golden, Silver, Modern Age hingga Elsworld berkumpul dan bekerja sama melawan Anti-Monitor.

Crisis on infinite earths

Di sini kita akan melihat sosok berbagai hero dengan banyak versi (misalnya Superman tua, muda dan lainnya). Banyak penggemar agak sedikit bingung tentang banyaknya hero, namun di balik itu semua Crisis on the Infinite Earths punya cerita yang seru.

Anti-Monitor bahkan hampir saja menghancurkan Positive Matter Universe dan mengalahkan semua lawannya. Beruntung ada satu penyelamat yang menghancurkan mesin Anti Matter milik Anti-Monitor. Ia adalah The Flash versi Barry Allen.

Kisah di event ini sangat menegangkan dan berwarna. Crisis on the Infinite Earths sangat cocok dibaca permulaan bagi orang-orang yang baru mengenal DC Comic (pendapat penulis). Oh iya, villain lain seperti Darkseid juga ikut bergabung melawan Anti-Monitor.

Lanjut baca:

Game DC Berbasis Android yang Layak Kamu Mainkan 


Post a Comment

0 Comments